Rabu, 23 April 2014

Hari Pahlawan Harinya Sejarah


Created : Bazlah
“Kau bosan ngga sih sama pelajaran ini?” tanya Arin ketika pelajaran sejarah berlangsung, “Tidak” jawab Tata  dengan singkatnya.
*Arin dan Tata adalah murid kelas 12 dari sebuah sekolah menengah swasta, mereka sudah berteman semenjak mereka  dikelas 10. Hari ini mereka sedang berada dikelas pak saiful guru sejarah mereka di sekolah*
“Arin, kau tidur?” tanya Tata dengan nada tinggi, “Arin bangun kau sungguh keterlaluan” kesalnya. “Hah? Apa sih aku bosan dengan pelajaran ini tau, yang kita pelajari hanya itu-itu saja” Jawab Arin. “Sejarah itu penting, kau bilang yang kita pelajari hanya itu-itu saja, kau sudah merasa pintar? Sudah aku ingin belajar” Tegas Tata dan langsung meninggalkan Arin yang masih tertidur.
*Bel istirahat berbunyi*
“Ah, akhirnya selesai juga pelajaran ini” ucap Arin dengan senangnya, “Ayo kita kekantin ta” Ajak Arin kepada Tata, “Iya” Jawab Tata yang masih kesal dengan Arin.
*Sesampainya mereka di kantin*
“Bu, aku mau gorengan tempenya 2 ya” ucap Arin kepada ibu kantin, “Arin, kau tau siapa yang menemukan tempe? Siapa yang punya pikiran sampai dia bisa membuat kedelai berbentuk seperti tempe yang sedang kau pesan itu? Kau bilang kau tau semuanya” Tanya Tata kepada Arin, “Mana aku tau, maksudmu apa? Aku kan bilang tentang sejarah bukan tentang tempe seperti ini” Jawab Arin dengan kesal, “Tetapi tempe itu kan punya sejarahnya juga rin, kau bilang kau bosan tentang pelajaran sejarah? Kau bilang kau sudah tau segalanya tentang sejarah tapi aku tanya tentang tempe saja kau tidak tau” ucap Tata. “Ya tapi itu kan sulit, kau tanya ke semua orang juga  mereka belum tentu tau” Jawab Arin tak mau kalah.
“Baik, aku tanya sama kamu siapa presiden pertama Indonesia?” Tanya Tata dengan tenang, “Ah, gampang itu Soekarno kan, wakil presiden saja aku tau ia kan Hatta” Jawab Arin dengan sombongnya, “Kalau begitu kau pasti tau dong nama-nama pahlawan yang memperjuangkan negeri kita ini tadi kita dikelas membahas itu loh” Balas Tata, “Hah, Cuma begitu saja itu mah pelajaran anak SD, emmm patimura kan” Jawab Arin dengan wajah pucat karena yang ia tau hanya patimura itu saja. “Kamu hanya tau patimura dari uang 1000an yang kau pegang itu kan? Haha” Balas Tata.
 *Akhirnya Arinpun berfikir iapun merasa kalau ia memang belum tau tentang sejarah apalagi pahlawan yang telah memperjuangkan negeri ini, yang membuat ia bisa hidup dengan tenang, bersekolah dengan tenang, tidak mendengar suara senapan dimana-dimana, iapun berusaha meminta maaf kepada Tata*
“Aku minta maaf ya Ta, aku benar-benar sok tau tadi, aku jadi menyesal karena tidak mengikuti pelajaran pak saiful” Ucap Arin dengan malu dan sedih, “Tak apa-apa rin, aku hanya ingin mengingatkanmu, kau mungkin sudah keluar garis tadi, jadi aku ingin mengembalikanmu kegaris lurusmu” Jawab Tata menenangkan Arin. “Iya ta, aku sadar sejarah itu penting dari sana juga aku bisa menimbulkan rasa nasionalisme, aku bisa lebih tau jasa-jasa pahlawanku di masa penjajahan dulu, aku bisa tau bagaimana keadaan masa dulu ketika sekolahpun merasa was-was aku bisa bersyukur dengan hidupku sekarang, bersyukur aku bisa hidup semudah ini” Balas Arin.
“Nah, itu dia. Rin kamu ingatkan 2 hari lagi kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November ini?” Tanya Tata kepada Arin, “Ya ampun, aku hampir lupa kita harus memperingati ini ta, kita ajak teman-teman kita untuk berpartisipasi” Jawab Arin dengan semangat.
*Dan mereka akhirnya mengajak teman-teman sekolahnya untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November itu, mereka memperingatinya dengan membuat lomba puisi, pidato dan tidak lupa upacara menghormati para pahlawan yang telah gugur. Ayo kita sebagai pemuda pemudi yang sudah hidup mudah dan tenang mengingat lagi perjuangan para pahlawan kita yang membela dan memperjuangkan kemerdekaan tanah air kita tercinta ini, jangan hanya diam ketika melihat sebuah masalah dinegeri ini, kau sama saja membuat perjuangan mereka sia-sia*

SELAMAT HARI PAHLAWAN !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar